MENIKMATI MAKANAN TRADISIONAL
( ERENG-ERENG )



Kalian pasti sangat asing mendengar tentang makanan tradisional yang satu ini. Ereng-ereng sebutannya, sangat asing bukan? Begitupun dengan pemikiran saya.
Ereng-ereng adalah makanan khas tradisional yang berasal dari kota Rembang Jawa Tengah Indonesia. 


Lebih tepatnya makanan tradisional khas dari desa sumber kabupaten Rembang. Ereng-ereng di masyarakat Rembang lebih sering dimakan sebagai camilan. Jenis camilan ini mungkin dulunya sangat populer. Dan dengan berjalannya waktu, kini camilan tradisional ini sudah hampir jarang orang mengetahuinya. 





ini adalah gambar dari ereng-ereng


Dengan hadirnya banyak camilan yang lebih modern, orang-orang sudah melupakan camilan tradisional yang dulunya sangat terkenal ini. Semakin banyaknya makanan khas dari luar negeri bahkan kita semua sering melupakan makanan khas dari daerah asal kita sendiri. 
Saat ini pun makanan/camilan tradisional juga masih bisa kita temui dikota hingga pelosok desa. 


Banyak bahan dasar yang digunakan untuk membuat camilan sesuai selera kita, karena bahan dasar yang mudah didapat dan harga yang terjangkau. kita juga bisa mencari beberapa resep diinternet dengan mudahnya.
Bahan dasar yang digunakan untuk membuat ereng-ereng adalah ketela geplek (telo geplek), untuk cara pengolahannya sendiri saya kurang begitu tahu. mungkin hampir sama dengan kerupuk uyel yang memiliki rasa yang gurih. 


Kita juga bisa mengolah dan menjadikannya lebih terkenal dengan membuatnya lebih unik yang memiliki cita rasa tersendiri dan lebih terkesan modern agar dapat dikenal oleh masyarakat luar. Dan kita bisa membentuk/merubah pola dari ereng-ereng tersebut agar terlihat berbeda. 


Berbicara dengan bentuk, ereng-ereng sendiri sebenarnya memiliki bentuk yang unik juga. terlihat pada gambar bahwa ereng-ereng memiliki bentuk lingkaran yang kira-kira berdiameter 10cm-an atau mungkin lebih. ditengahnya juga dibentuk seperti pembatas atau garis tengahnya.


Demikian cerita dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat memberikan menambah wawasan untuk kita semua tentang makanan tradisional yang ada di sekitar kita. Terima kasih.

Komentar

  1. Untuk ereng ereng mohon maaf setahu saya itu adalah cemilan khas dari desa saya yaitu dukuh Duni, desa arumanis kec.jaken kabupaten Pati dan kebetulan saya sendiri bisa membuatnya karena waktu saya kecil makanan ini sangat populer dan banyak dipasarkan ke daerah jaken dan sekitarnya, untuk bagaimana membuatnya insyaallah lain waktu akan saya berikan, terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar